Kamis, 28 Mei 2015

Bontang Kota Taman

        KOTA KU

       Kota Bontang adalah sebuah kota kecil yang terletak di Pulau Kalimantan tepat nya pada Provinsi Kalimantan Timur. Untuk sampai di kota Bontang memerlukan waktu 5 jam dari kota Balikpapan. Semboyan dari kota Bontang adalah TAMAN (tertib,agamis,mandiri,aman,nyaman) dan maskot dari kota Bontang sendiri adalah burung kuntul perak dan pohon bakau. 

        Kota yang dilewati oleh garis khatulistiwa ini memiliki dua perusahaan besar yaitu PT LNG Badak yang bergerak pada usaha gas alam dan PT Pupuk Kalimantan Timur yang bergerak pada usaha pupuk dan amoniak. Selain memiliki dua perusahaan  besar, Bontang juga memiliki tempat-tempat wisata yang cukup favorit yaitu beras basah dan bontang kuala.

1. Beras Basah

 












 Beras basah adalah sebuah pulau kecil yang terletak di tengah laut di kota Bontang. Untuk sampai disana kita memerlukan waktu 40 menit dengan menyewa kapal nelayan. Tempat penyewaan kapal sendiri bermacam-macam. Ada di Bontang kuala, pelabuhan tanjung laut, pelabuhan loktuan,pelabuhan tanjung limau,dll. Keindahan pasir putih dan kejernihan air laut nya membuat masyarakat serta wisatawan ingin datang ke beras basah. Ketika tiba di beras basah kita akan disambut dengan jembatan kayu panjang yang mengantar kan kita menuju pulau beras basah.

2. Bontang Kuala

















 Bontang kuala adalah sebuah tempat yang sering dikunjungi masyarakat Bontang untuk berkumpul bersama teman atau keluarga karena suasana laut nya yang indah dan suasana sunsite di sore hari. Di Bontang kuala juga  menu makanan yang sangat terkenal dan khas di kota Bontang ini di jual. Makanan itu adalah bawis gammi.

                       Bawis gammi adalah ikan yang dimasak bersama sambal dan disajikan langsung di atas cobek tanah liat yang masih mendidih. Bawis gammi memiliki rasa yang sangat nikmat. Cara penyajian dan memasak nya yang unik ini lah cukup menarik perhatian.  Pada tahun 2012 bawis gammi diikutkan dalam sebuah festival makanan Nusantara di Jakarta. Tak disangka tim juri memilih menu ini sebagai kuliner terbaik kedua dari sekian ratus sajian khas di Indonesia. Saat itu Kementrian Perdagangan mendapuk Pemkot Bontang sebagai duta bangsa di perhelatan Pasar Malam Indonesia. Berawal dari itulah bawis gammi mewakili Indonesia untuk mengikuti Pasar Malam Indonesia (PMI) di Deen Haag Belanda. 
  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar