Kamis, 28 Mei 2015

Jurusan Ku

Jurusan Ku


       Berbicara mengenai komunikasi, komunikasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai hal terkecil hingga hal terbesar semua memerlukan komunikasi. Perkembangan komunikasi pun sangat cepat, apalagi saat ini di dukung dengan teknologi-teknologi yang semakin hari semakin canggih. Sehingga sangat memudahkan kita untuk melakukan komunikasi. Begitu pun dengan jurusan ilmu komunikasi. Pada jurusan ilmu komunikasi kita diajarkan bagaimana cara berkomunikasi yang baik, baik secara lisan ataupun tulisan. Diajarkan menata letakkan kata-kata secara tepat dan benar. Perkembangan ilmu komunikasi saat ini cukup baik. Saat ini banyak media-media mulai bermunculan. 

        Salah satu keunggulan dari ilmu komunikasi adalah kita dapat mentransfer ide/pikiran dari satu individu,group ke individu, atau group lainnya. Kita akan memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi berlangsung. Misalnya seperti siapa saja yang terlibat,bagaimana prosesnya,melalui apa, mengapa bisa terjadi,dll. Keunggulan lain dari komuniaksi adalah kita akan belajar bentuk-bentuk komunikasi yaitu komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok, dan massa. Dalam ilmu komunikasi kita tidak hanya diajarkan teori saja, tetapi juga praktek. Seperti membuat iklan, film pendek,fotografi,menjadi penyiar,menjadi di belakang layar, dan masih banyak lagi. Ilmu komunikasi sendiri secara umum dibagi menjadi 3 yaitu : 
  1. Broadcasting (Penyiaran) : Secara umum broadcasting dimaknai sebagai sebuah kegiatan siaran, produksi siaran atau menyiarkan. Broadcasting adalah cabang dari ilkom yang berhubungan dengan kegiatan penyiaran. Didalam broadcasting yang paling dominan ialah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi. Jadi, didalam broadcasting tidak hanya diajarkan teori saja tetapi praktek juga bagaimana membuat tayangan yang menarik, enak dilihat, sesuai dengan ajaran ilmu komunikasi, bagaimana pesan yang disampaikan sampai kepada masyarakat.
  1. Advertising (Periklanan) : Penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Advertising merupakan bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca, atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Seiring dengan pesatnya dunia bisnis dan usaha, advertising dapat menjadi salah satu alternatif usaha karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa periklanan.
  1. Public Relation (Hubungan Masyarakat) : Dalam prateknya PR sering juga disebut HUMAS. Tujuan Utama PR adalah menciptakan citra positif suatu perusahaan/instansi dihadapan masyarakat. Public Relation juga dapat dimaknai sebuah usaha interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar